Mengapa Kenakalan Remaja Menjadi Masalah Sosial

Mengapa Kenakalan Remaja Menjadi Masalah Sosial – Ananda, Anda sering mendengar kata “masalah”. Anandam pasti dalam kesulitan. Ketika Anda memiliki masalah, Anda mencari solusi dari masalah tersebut sesegera mungkin karena pada dasarnya masalah adalah sesuatu yang tidak kita inginkan dan perlu diselesaikan. Masalah sosial tercipta di masyarakat dan solusi untuk masalah tersebut harus ditemukan. Permasalahan yang muncul di masyarakat sangat kompleks dan berkembang di berbagai bidang kehidupan masyarakat. Apa itu masalah sosial dan pengucilan sosial? Di bawah ini kita akan melihat interpretasi yang diberikan oleh beberapa ahli.

Definisi masalah sosial Menurut Sorjono Sokento, masalah sosial adalah perbedaan antara unsur budaya atau masyarakat yang mengancam kehidupan kelompok sosial.

Mengapa Kenakalan Remaja Menjadi Masalah Sosial

1. Situasi adalah masalah yang akan berlangsung selama beberapa waktu. Situasi yang dianggap sebagai masalah sosial tetapi terjadi dalam waktu singkat dan dapat dihilangkan bukanlah masalah sosial.

Tugas Sosiologi (kenakalan Remaja) Untuk Mata Pelajaran Sosiologi Sma

Menurut Sotomo, masalah sosial adalah situasi yang tidak diinginkan di sebagian besar masyarakat. Menurut Leslie, masalah sosial adalah hal-hal yang tidak diinginkan atau tidak disukai yang mempengaruhi kehidupan sebagian besar warga negara dan mengapa harus diperlakukan atau diperbaiki. Oleh karena itu, definisi Ananda tentang masalah sosial yaitu situasi yang tidak diinginkan yang tidak sesuai dengan unsur budaya dan mengancam kehidupan kelompok sosial harus diatasi.

Lalu apa yang dimaksud dengan eksklusi sosial? Marginalisasi sosial disebut juga eksklusi sosial. Eksklusi sosial mengacu pada cara-cara di mana individu dicabut dari partisipasi penuh dalam masyarakat yang lebih luas. Misalnya, mereka yang tinggal di perumahan bobrok, sekolah miskin, dan sedikit peluang kerja lokal dapat secara efektif menolak kesempatan untuk mengembangkan diri yang dimiliki kebanyakan orang di masyarakat.

Faktor penyebab masalah sosial Ananda, ada banyak faktor penyebab masalah sosial di masyarakat, diantaranya :

Masalah ekonomi merupakan penyebab terbesar dari masalah sosial, individu atau kelompok tidak mampu memenuhi kebutuhannya dengan baik, terutama materi. Masalah ekonomi merupakan masalah serius dalam masyarakat. Dalam situasi ini, kehadiran pemerintah untuk mengatasi permasalahan ekonomi sangat diharapkan. Padahal, masalah ekonomi bukan hanya kekurangan dalam memenuhi kebutuhan ekonomi, tetapi juga dalam mengendalikan, mendistribusikan, dan memproduksi kondisi ekonomi negara, yang pada akhirnya akan mempengaruhi kesejahteraan negara. Masyarakat yang adil dan adil. Contoh masalah ekonomi yang menjadi masalah sosial adalah kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial, pengangguran dan lain-lain.

Jenis Faktor Penyebab Terjadinya Masalah Sosial

Masalah sosial yang dipicu oleh budaya muncul dari ketidakkonsistenan dalam penerapan norma, nilai, dan kebutuhan sosial dalam masyarakat yang beragam atau multikultural. Kenakalan remaja, konflik suku, diskriminasi, gender, pernikahan dini dan perceraian, eksploitasi lingkungan dan contoh lainnya. Budaya yang berkembang berperan dalam penciptaan masalah sosial. Melanggar kebiasaan memotong dan melanggar aturan akan menyebabkan berkembangnya kebiasaan yang mengakar dan akhirnya menjadi budaya yang tidak kita harapkan. Rasa hormat, menghargai orang lain, kepekaan terhadap lingkungan membuat orang cuek atau tidak peduli dengan kondisi lingkungan. Mereka memilih untuk mengurus sesuatu, seperti memotong kompas, dan mengabaikan proses/proses yang seharusnya terjadi. Sehingga praktik percaloan, penyuapan dan budaya kelas bawah merajalela. Jadi kebiasaan membuang sampah sembarangan misalnya di jalan raya, di angkutan umum atau di kendaraan pribadi, sering kita lihat para pengemudi memungut sampah dari kendaraannya. Sekecil apapun sampah, jika terakumulasi dalam waktu lama, akan menimbulkan masalah besar. Kanal tersumbat, lumpur sungai, polusi tanah, dll. Hal ini mengakibatkan kerusakan seperti banjir, polusi bahkan kerusakan ekosistem alam.

Penyebab masalah sosial selanjutnya adalah faktor biologis. Masalah ini dapat disebabkan oleh kondisi lingkungan yang tidak sesuai, seperti penyakit menular, virus baru (HIV-AIDS, Covid-19) dan makanan yang terkontaminasi, yang dapat menyebabkan ketidakstabilan kondisi biologis masyarakat. Penyakit menular dapat menimbulkan masalah sosial jika penyakit tersebut menyebar di suatu daerah. Malnutrisi juga merupakan masalah sosial yang disebabkan oleh hal ini.

Kondisi ini terkait dengan masalah pemikiran masyarakat atau individu tertentu dengan sistem kehidupan sosial yang ada. Mereka yang jauh dari ajaran agama seperti bid’ah dan cendekiawan lainnya tidak masuk akal jika dilihat secara detail. Misalnya, aliran Ahmadiyah, kelompok yang menyimpang dari ajaran agama, pembentukan raja-raja palsu, dll. Karena masalah sosial ini menyangkut masalah akidah, maka tidak mudah diselesaikan dan harus disikapi dengan bijak. Contoh lain yang termasuk faktor psikologis adalah gerakan separatis anti pemerintah, asusila seksual dan LGBT.

Menurut Soerjono Sokento, masalah sosial adalah perbedaan budaya atau kelompok sosial yang mengancam kehidupan kelompok sosial.

Hubungan Kenakalan Remaja Dengan Fungsi Sosial Kelurga Di Desa Mekar Jaya

3. Faktor biologis. Misalnya penyakit menular, virus baru (HIV-AIDS, Covid-19) dan keracunan makanan, malnutrisi, dll. Pada kegiatan pembelajaran sebelumnya, Ananda memahami penyebab masalah sosial, isolasi sosial dan masalah sosial. . Nah dalam kegiatan pembelajaran kali ini kita akan membahas tentang berbagai masalah sosial yang ada di masyarakat. Ananda dapat menelaah beberapa masalah sosial di bawah ini:

Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya berdasarkan taraf hidup secara umum. Ketidakmampuan ini merupakan kemampuan pendapatan yang rendah untuk memenuhi kebutuhan dasar sandang, pangan dan papan. Potensi pendapatan yang rendah ini telah mengurangi kemampuan untuk memenuhi standar hidup rata-rata seperti standar kesehatan masyarakat dan standar pendidikan.

SEBUAH. Kemiskinan absolut adalah tingkat di mana individu merasa sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup atau bahkan tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar dan dasarnya. Misalnya, jika ada orang yang cacat (lumpuh), gajinya tidak dapat mencari pekerjaan yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari seperti makan dan minum. mengubah nasib mereka).

B. Kemiskinan relatif adalah kemiskinan yang menimpa seseorang, tetapi ia masih dapat memenuhi kebutuhan dasarnya. Misalnya, seorang pekerja yang selalu pergi ke pabrik dengan sepeda, tetapi menyadari bahwa teman-temannya sudah memiliki sepeda motor, merasa minder dengan rekan-rekannya itupun. Dalam hal ini, kemiskinan relatif seseorang sangat ditentukan oleh individu tersebut.

Bapas Klaten Dan Lpa Klaten Sosialisasikan Pencegahan Kenakalan Remaja Dan Bijak Dalam Bermedsos Di Smp 4 Karanganom Klaten

C. Kemiskinan budaya adalah jenis kemiskinan di mana sikap dan unsur-unsur budaya masyarakatnya santai dan tidak memiliki motivasi untuk meningkatkan taraf hidup mereka.

Pengangguran adalah bagian dari angkatan kerja yang tidak terlibat dalam kegiatan yang menghasilkan uang. Pengangguran tidak terbatas pada mereka yang tidak bekerja. Pencari kerja dan orang yang bekerja tetapi tidak produktif juga dapat digolongkan sebagai pengangguran.

Jenis pengangguran a. Pengangguran adalah orang yang menganggur. Karena mereka tidak memiliki pekerjaan atau tidak ingin bekerja. Pengangguran terbuka terjadi ketika tidak ada pekerjaan yang tersedia, atau tidak ada korespondensi antara posisi terbuka dan latar belakang pendidikan.

B. Pengangguran siklis disebabkan oleh perubahan aktivitas ekonomi negara. Saat resesi mengurangi daya beli masyarakat, perusahaan memotong produksi dan memberhentikan pekerja.

Fungsi Dan Peran Sosiologi

C. Pengangguran Musiman Kondisi ini terjadi karena adanya perubahan musiman pada siklus ekonomi dimana para pekerja harus menghentikan sementara kegiatan produksinya. Mereka sering dijumpai di bidang pertanian dan perikanan sebagai petani dan nelayan.

D. Setengah Pengangguran Ini adalah pekerja yang memiliki pekerjaan, tetapi jam kerjanya sedikit, biasanya kurang dari 35 jam seminggu.

Kejahatan berasal dari kata crime yang berarti kejahatan. Kejahatan adalah perilaku anggota masyarakat yang melanggar aturan hukum pidana. Kejahatan dalam masyarakat dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, baik internal maupun eksternal individu. Ada banyak jenis kejahatan di masyarakat seperti pencurian, perampokan, pembunuhan, dll. Kejahatan di masyarakat harus menjadi perhatian pihak kepolisian dan masyarakat setempat.

Dengan kata lain, dampak kejahatan dan kekerasan di masyarakat, peran aparat penegak hukum seperti kepolisian akan sangat diandalkan, namun peran masyarakat juga akan membantu. banyak. Polisi dalam perjanjian berkoordinasi dengan tokoh masyarakat dan polisi untuk memberikan informasi dan menjaga lingkungan (sistem perlindungan lingkungan).

Penyebab Terjadinya Kenakalan Remaja Dan Cara Menanggulanginya

Kesenjangan sosial Ketimpangan sosial adalah perbedaan jarak ekonomi antara satu kelompok dengan kelompok lainnya. Faktor-faktor yang mendorong perbedaan sosial dan ekonomi dalam masyarakat meliputi:

E. Perbedaan sosial ekonomi dapat menimbulkan permasalahan dalam masyarakat, seperti terjadinya tindak pidana, kecemburuan sosial, dll.

Penyakit Menular Penyakit menular adalah masalah yang disebabkan oleh organisme seperti bakteri, virus, jamur atau parasit. Disebabkan oleh agen biologis seperti patogen (virus, bakteri dan jamur) dan parasit. Berada di dalam tubuh atau di tubuh, mereka dapat menyebabkan infeksi.

C. Penyakit menular yang jarang menimbulkan kematian dan luka juga dapat menjadi wabah yang menimbulkan kerugian materi dan kesehatan.

Pengidentifikasian Masalah Sosial

Virus bukanlah organisme hidup, melainkan fragmen asam nukleat yang dibungkus dengan lapisan protein yang perlu ditiru oleh sel hidup. Ada banyak virus lain yang dapat ditularkan antar manusia dan menyebabkan penyakit dan kematian yang signifikan. Salah satunya yang baru-baru ini muncul sebagai masalah global yaitu Virus Corona atau COVID-19.

Coronavirus adalah sekelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Beberapa jenis virus corona diketahui menyebabkan infeksi pernapasan pada manusia, mulai dari batuk rejan hingga MERS atau SARS yang parah. Virus ini menyebabkan Covid-19. Gejala Covid-19 yang paling umum adalah demam, batuk kering, dan kelelahan. Gejala lain yang kurang umum yang dapat mempengaruhi beberapa pasien termasuk sakit dan nyeri;

Cerpen kenakalan remaja cinta, jurnal internasional kenakalan remaja, cara menanggulangi kenakalan remaja, ebook kenakalan remaja, puisi tentang masalah sosial, sebutkan kenakalan remaja, contoh gambar kenakalan remaja, masalah kenakalan remaja, artikel tentang masalah sosial, penyebab kenakalan remaja, masalah sosial indonesia, buku kenakalan remaja pdf

Share To

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *